Sekilas Tentang Most Probable Number

Teknik Jumlah yang paling mungkin (Most Probable Number) adalah teknik penting dalam memperkirakan populasi mikroba dalam tanah, air, dan produk-produk pertanian. Banyak tanah yang bersifat heterogen, sehingga jumlah sel yang tepat dari suatu organisme individu dapat tidak mungkin untuk menentukan.
Teknik MPN digunakan untuk memperkirakan ukuran populasi mikroba dalam situasi seperti ini. Teknik ini tidak bergantung pada penilaian kuantitatif dari sel individu, melainkan bergantung pada atribut kualitatif spesifik dari mikroorganisme yang sedang dihitung, dengan kata lain dihitung berdasarkan sifat yang terlihat dari suatu jenis mikroba. Aspek penting dari metodologi MPN adalah kemampuan untuk memperkirakan ukuran populasi mikroba berdasarkan atribut proses terkait.

Teknik MPN mengestimasi ukuran populasi mikroba pada substrat cair. Metodologi untuk teknik MPN adalah dilusi dan inkubasi kultur yang direplikasi di beberapa tahapan pengenceran berseri. Teknik ini bergantung pada pola hasil tes positif dan negatif dari hasil inokulasi di medium uji yang sesuai (biasanya dengan pewarna indikator pH sensitif) seperti tabung dan pelat microwell. Hasilnya digunakan untuk memperoleh perkiraan jumlah mikroba berdasarkan matematika Halvorson dan Ziegler. Berikut adalah persamaan umum untuk menentukan MPN organisme dalam substrat setelah dilakukan serial diencerkan dan beberapa unit yang diinokulasikan pada masing-masing pengenceran

[a1p1/(1-e^(-a) 1^x)] + ... + [akpk/(1-e^(-a) k^x)] = a1n1 + ... + aknk

dimana:
a = tingkat pengenceran pada masing-masing pengenceran
n = unit yang diinokulasikan pada masing-masing tingkat pengencaran
p = jumlah unit yang positif pada masing-masing pengenceran
k = tingkat pengenceran tertinggi pada seri pengenceran
e = logaritma natural

jujur saja, saya pribadi kurang begitu mengerti tentang pergitungan matematika tersebut, namun kita dapat menjadikannya mudah jika kita mempunyai tabel baku untuk penghitungan MPN yang sudah kita dapatkan dari beberapa uji. tabel ini dapat anda cari di internet atau search engine yang biasa anda gunakan... :)


Sekarang kita lanjutkan membaca pada halaman berikutnya : Metode Most Probable Number Sederhana


Tulisan Terkait



4 comments:

Morphine said...

wahh,. patut di bookmark ni..


btw gan.. kalo "Most Problem Number" cara ngatasinya gimana ya.,??

Praptomowow said...

hahahaha...itu derita yang punya masalah...

tapi emang beneran ada?? :hammer

Morphine said...

ada kok., ada di saya, kamu, dia, mereka, kita, kalian, kami... pokoknya ada disemua umat., wakakkaaka

Praptomowow said...

kalo kamu mau maen filsafat, saya ndak ngerti...hahahaha

Post a Comment

New Category!!

Beberapa hal yang penting untuk diketahui para remaja pada saat mulai memasuki usia puber. KLIK!!

KAMU UPLOAD, DAPET DUIT!!! FILE HOSTING GRATISS!!