Bakteri Koliform Fekal (Fecal Coliform)

koliform fekal (kadang-kadang coliform feses atau fecl coliform) adalah, bakteri fakultatif-anaerob berbentuk batang, gram negatif, dan non-sporulasi. koliform fekal mampu tumbuh dan menghasilkan asam dan gas dari laktosa dalam waktu 48 jam di 44 ± 0,5 ยบ C.

Bakteri koliform total merupakan kumpulan mikroorganisme relatif tidak berbahaya yang hidup dalam jumlah besar di usus manusia dan hewan yang berdarah panas maupun dingin. Mereka membantu dalam pencernaan makanan. Sebuah subkelompok yang spesifik dari jenis ini adalah bakteri coliform fecal, anggota yang paling umum adalah Escherichia coli. Organisme ini dapat dipisahkan dari kelompok coliform total dengan kemampuan mereka untuk tumbuh pada suhu yang tinggi dan hanya berkaitan dengan bahan kotoran hewan berdarah panas.

Keberadaan bakteri fecal coliform di lingkungan akuatik menunjukkan bahwa air telah terkontaminasi dengan feces manusia atau hewan lain. Pada saat ini terjadi air sumber mungkin telah terkontaminasi oleh patogen atau bakteri yang menyebabkan penyakit atau virus yang juga bisa ada dalam feces. Beberapa penyakit patogen ditularkan melalui air termasuk demam tipus, virus dan bakteri gastroenteritis dan hepatitis A. Kehadiran kontaminasi tinja merupakan indikator bahwa ada potensi resiko kesehatan bagi individu terkena air ini. bakteri koliform tinja atau fekal mungkin terjadi dalam lingkungan air sebagai akibat dari meluapnya air limbah domestik atau sumber nonpoint (tanpa diketahui asalnya) dari limbah manusia dan hewan.

Fekal koliform, seperti bakteri lainnya, biasanya dapat dihambat pertumbuhannya dengan air mendidih atau dengan memperlakukan dengan klorin. Mencuci bersih dengan sabun setelah kontak dengan air yang tercemar juga dapat membantu mencegah infeksi. Sarung tangan harus selalu dipakai ketika melakukan tes coliform fecal.

Rekomendasi EPA dan untuk suplai air rumah tangga, untuk pengobatan, jumlah koliform fekal kurang dari 2000 colonies/100 mL, dan untuk Standar air minum kurang dari 1 koloni / 100 ml.


Semoga Bermanfaat dan Selamat Belajar!!....



Tulisan Terkait



1 comments:

Sarii Fatma ningrum said...

ini gak ada authornya ya?

Post a Comment

New Category!!

Beberapa hal yang penting untuk diketahui para remaja pada saat mulai memasuki usia puber. KLIK!!

KAMU UPLOAD, DAPET DUIT!!! FILE HOSTING GRATISS!!