Diversitas Bakteri Rhizosfer dan Filosfer Penambat Nitrogen pada Tumbuhan Kacang-kacangan (Leguminosae)

Saya mendapatkan topik praktikum ini ketika saya mengambil mata kuliah Mikrobiologi Lingkungan. Awalnya kami bingung, bagaimana metode untuk melaksanakan praktikum ini, karena praktikum ini adalah praktikum mandiri. Jadi semua yang dibutuhkan mulai dari alat, pengambilan sampel, serta hal-hal yang berkaitan harus kami dapatkan sendiri...tapi semuanya sudah berlalu dan akhirnya kami pun selesai dengan laporan praktikum tersebut. berikut adalah penggalan dari laporan tersebut... silakan diperiksa dan di komentari :)

ABSTRAK

Kajian mengenai diversitas mikroba sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah seluruh mikroba yang ada dialam. Hal ini dibuktikan dengan fakta bahwa hanya sekitar 1-2% mikroba yang dapat dikulturkan di laboratorium. Tujuan dari praktikum lapang ini adalah tujuan dari praktikum ini adalah untuk mengetahui diversitas bakteri yang berada pada akar (rhizosfer) dan daun (filosfer) penambat nitrogen pada kacang-kacangan (Leguminosae) yang berada di sekitar area P-WEC dan area pertanian Desa Sumberbendo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Pengambilan sampel tanaman adalah difokuskan pada tanaman Leguminosae karena dinilai mempunyai interaksi yang sangat erat. Kultur dilakukan pada media YEMA untuk bakteri rhizosfer dan NA untuk filosfer. Analisis yang dilakukan adalah dengan metode karakterisasi koloni, penghitungan jumlah sel, TPC, dan pewarnaan Gram. Berdasarkan hasil pengamatan, diketahui bahwa diveristas bakteri pada tanaman kacang Berdasarkan dari hasil yang ditemukan, diketahui jumlah sel bakteri yang ditemukan di tanaman kacang kapri, yang ditemukan di lokasi sekitar kebun jeruk berjumlah 1,57 x 108 sel/ml/gram sedangkan kacang panjang sebanyak 2,10x107 ¬sel/ml/gram. Jumlah sel bakteri yang yang terbanyak untuk bagian akar ada pada tanaman kacang kapri dan yang paling sedikit adalah kacang panjang.

Kata kunci: bakteri, diversitas, filosfer, leguminosae, rhizosfer


Langsung loncat ke pembahasan yaaa...


Pembahasan

Berdasarkan dari hasil yang ditemukan, diketahui jumlah sel bakteri yang yang terbanyak untuk bagian akar ada pada tanaman kacang kapri, yang ditemukan di lokasi sekitar kebun jeruk berjumlah 1,57 x 108 sel/ml/gram bahan. Kemudian yang memiliki jumlah sel yang paling sedikit adalah kacang panjang sebanyak 2,10x107 ¬sel/ml/gram bahan. Hal ini diduga karena adanya perbedaan kondisi tanah tampat tanaman tumbuh, dimana kondisi tanah pada tempat kacang kapri tumbuh jauh lebih lembab daripada kedua lokasi pengambilan sampel lainnya. Selain itu, lokasi pengambilan sampel kacang panjang tidak selembab dua lokasi pengambilan sampel lainnya. Selain dari kelembaban dan wakter activity (AW), pertumbuhan bakteri juga dipengaruhi oleh faktor-faktor abiotik lainnya, diantaranya adalah pH yang akan berhubungan dengan aktivitas enzim bakteri untuk menjalankan aktivitas metabolism bakteri tersebut. Suhu juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan kemampuan hidup bakteri. Hal ini disebabkan suhu sangat berpengaruh terhadap metabolisme dan struktur fisiknya. Selain itu tekanan osmotik yang akan berpengaruh terhadap struktur fisik dan transfer zat yang masuk dan keluar (digesti, respirasi, dan lain-lain). Setelah itu ada juga faktor lain, yaitu salinitas dan ketersediaan oksigen dan substansi lain yang dibutuhkan, misalnya sulfur, nitrogen, dan lain-lain.
Keragaman bakteri yang ditemukan dari tiap sampel memiliki perbedaan, dimana pada kacang I, terdapat 8 jenis koloni yang tumbuh pada media, yaitu 5 jenis koloni dari daun, dan 3 jenis koloni dari akar, dan kacang kapri terdapat 4 jenis koloni yang berbeda, yaitu 2 jenis koloni dari daun dan 2 jenis koloni dari akar. Kemudian untuk kacang panjang, terdapat 6 jenis koloni yang berbeda, yaitu 4 jenis koloni dari daun dan 2 jenis koloni dari akar. Sehingga dapat diketahui bahwa sampel kacang panjang adalah yang mempunyai keragaman yang paling besar daripada sampel lainnya, dan dari 8 jenis koloni yang ditemukan juga ditemukan pada dua sampel lainnya.

Diversitas bakteri di tanah juga dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti faktor kelimpahan dari bakteri tersebut, dan berikut adlah faktor spesifik untuk diversitas bakteri dari lahan tanah.

Suhu: Kodisi suhu udara sangat berpengaruh terhadap tumbuh-tumbuhan dan hewan, karena jenis spesies tertentu memiliki persyaratan suhu lingkungan yang ideal atau suhu optimum bagi kehidupannya, serta batas suhu maksimum dan minimum untuk tumbuh yang dinamakan tolerensi spesies terhadap suhu. Suhu bagi tumbuh-tumbuhan merupakan faktor pengontrol bagi persebarannya sesuai dengan letak lintang, ketinggian dan sebagainya. Penamaan habitat tumbuhan biasanya sama dengan nama-nama wilayah berdasarkan lintang buminya, seperti vegetasi hutan tropik, vegetasi lintang sedang, dan sebagainya ( Unila, 2009).

Kelembapan udara: Kelembaban berpengaruh langsung terhadap kehidupan tumbuhan. Ada tumbuhan yang sangat cocok hidup di daerah kering, daerah lembab bahkan ada yang dapat hidup di daerah yang sangat basah.
Berdasarkan tingkat kelembaban lingkungan habitatnya,
Keberadaan mikroba di dalam tanah terutama dipengaruhi oleh sifat kimia dan fisika tanah. Komponen penyusun tanah yang terdiri atas pasir, debu, lempung dan bahan organik maupun bahan penyemen lain akan membentuk organik maupun bahan penyemen lain akan membentuk (Unila, 2009).

Struktur tanah : struktur tanah. akan menentukan keberadaan oksigen dan lengas dalam tanah. Dalam hal ini akan terbentuk lingkungan mikro dalam suatu struktur tanah. Mikroba akan membentuk mikrokoloni dalam struktur tanah tersebut, dengan tempat pertumbuhan yang sesuai dengan sifat mikroba dan lingkungan yang diperlukan (Unila., 2009).



untuk fulltext-nya (.doc) yang meliputi metodologi, hasil (tabel), sobat bisa mendownloadnya dengan mengikuti link di bawah ini

Download File: Laporan Mikroling Lapang

Btw, PIRACY IS A CRIME!!!

Selamat Belajar!!....

Tulisan Terkait



0 comments:

Post a Comment

New Category!!

Beberapa hal yang penting untuk diketahui para remaja pada saat mulai memasuki usia puber. KLIK!!

KAMU UPLOAD, DAPET DUIT!!! FILE HOSTING GRATISS!!