Pembuatan Preparat Whole Mount Lumut (Mikroteknik)

Pembuatan preparat merupakan upaya untuk mempermudah pengamatan suatu bahan. Metode Whole Mount merupakan metode dimana objek yang akan dibuat sebagai preparat berada dalam keadaan utuh, yaitu tanpa sectioning. Sehingga dengan kondisi tersebut dapat diamati struktur utuh dari suatu organisme dan tentu saja objek akan terlihat dengan jelas ketika diamati menggunakan mikroskop. Struktur yang dapat diamati menggunakan metode Whole Mount ini adalah struktur reproduksi maipun struktur vegetatif pada suatu organisme (Biochem, 2008). Struktur tubuh tumbuhan lumut sangat sederhana. Tumbuhan lumut dapat dijumpai di berbagai tempat. Jumlah tumbuhan lumut sanagt berlimpah. Meskipun tumbuhan lumut menyukai tempat yang lembab, tumbuhan lumut juga dapat hidup di daerah gurun, Lumpur, dan sungai. Tumbuhan lumut dapat berperan sebagai pioneer maupun sebagai obat untuk beberapa jenis penyakit (Parmentier, 2000).

CARA KERJA

Untuk melakukan praktikum ini hal pertama yang dilakukan adalah menyiapkan tumbuhan lumut sejumlah anggota kelompok, kemudian dicuci dengan air mengalir hingga berseih. Setelah itu dimasukkan kedalam larutan FAA (Alkohol 70%) overnight selama 1-2 hari. Kemudian dilakukan pencucian menggunakan aquades hingga beberapa kali. Masukkan lumut kedalam larutan clearing dan staining selama 2 hari. Lakukan dehidrasi seri alcohol 15-30-50-70-80-90-100% masing-masing selama 5-10 menit. Setelah itu masukkan kedalam larutan xilol:alcohol 1:3, 1:1, 3:1 masing-masing selama 5-10 menit. Kemudian masukkan kelarutan xilol I dan xilol II masing-masing selama 5-10 menit. Tahap yang terakhir adalah melakukan penutupan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi metode pembuatan preparat dengan metode Whole Mount (Bennett, 2005):

  1. Lamanya waktu fiksasi. Jika fiksasi dilakukan terlalu lama, mengakibatkan jaringan pada objek rusak.
  2. Lamanya waktu staining. Jika staining tidak dilakukan secara benar, dapat mengakibatkan objek tidak terwarnai dengan sempurna.
  3. Lamanya waktu dehidrasi. Jika dehidrasi dilakukan terlalu lama atau terlalu cepat, mengakibatkan tingkat kerapuhan akan meningkat. Jika dehidrasi dilakukan terlalu cepat mengakibatkan kemungkinan masih terdapatnya air dalam jaringan sangat besar.


untuk penjelasan yang lebih lengkap, silakan klik link di bawah ini untuk mendownload file pdf-nya.

DOWNLOAD FILE: WHOLE MOUNT LUMUT


Selamat belajar!!...

Ingat, Piracy is a CRIME!!...



Tulisan Terkait



0 comments:

Post a Comment

New Category!!

Beberapa hal yang penting untuk diketahui para remaja pada saat mulai memasuki usia puber. KLIK!!

KAMU UPLOAD, DAPET DUIT!!! FILE HOSTING GRATISS!!