Analisis Mitosis Akar Bawang Merah Dengan Metode Squash (Mikroteknik)

Mitosis adalah pembelahan sel yang terjadi secara tidak langsung. Hal ini dikarenakan pada pembelahan sel secara mitosis terdapat adanya tahapan-tahapan tertentu. Tahapan-tahapan (fase-fase) yang terdapat pada pembelahan mitosis ini meliputi: profase, metafase, anafase, dan telofase. P sel paling banyak dijumpai pada bagian akar yaitu ujung akar. Pada mitosis, bahan inti sel terbagi sedemikian rupa sehingga dari satu sel dihasilkan dua buah sel anakan. Mitosis merupakan alat untuk duplikasi teratur (dalam fase S) dan pemisahan (pada anafase) kromosom. Biasanya, mitosis diikuti dengan pembelahan sel yang disebut dengan sitokenesis dimana sel akan terpisah menjadi dua (Kimball, 1999). Oleh karena mitosis merupakan peristiwa yang penting bagi kelangsungan hidup suatu organisme, dalam hal ini adalah tanaman dan juga dapat bermanfaat untuk berbagai hal. Misalnya untuk melakukan sebuah penelitian sehubungan dengan pertumbuhan serta perkembangan tanaman.

Mitosis terjadi di dalam sel somatik yang bersifat meristematik, yaitu sel-sel yang hidup terutama sel-sel yang sedang tumbuh (ujung akar dan ujung batang). Proses pembelahan secara mitosis menghasilkan dua sel anak yang identik dan bertujuan untuk mempertahankan pasangan kromosom yang sama melalui pembelahan inti secara berturut-turut (Starr, 1992). Mitosis pada tumbuhan terjadi selama mulai dari 30 menit sampai beberapa jam dan merupakan bagian dari suatu proses yang berputar dan terus-menerus. Digunakan akar bawang merah (Allium cepa) karena jaringan akar bawang merah (Allium cepa) merupaskan jaringan yang mudah ditelaah untuk pengamatan mitosis (Gregory, 2008.).
Proses mitosis ini terjadi bersama dengan pembelahan sitoplasma dan bahan-bahan di luar inti sel. Pada mitosis setiap induk yang diploid (2n) akan menghasilkan dua buah sel anakan yang masing-masing tetap diploid serta memiliki sifat keturunan yang sama dengan sel iduknya.]
Urut-urutan terjadinya mitosis adalah sebagai berikut:

  1. Profase: Proses terjadinya fase profase ditandai dengan hilangnya nucleus dan diganti dengan mulai tampaknya pilinan-pilinan kromosom yang terlihat tebal.
  2. Metafase: Ciri utama fase ini adalah terbentuknya gelendong pembelahan, gelendong pembelahan ini dibentuk oleh mikrotubula. Gelendong ini membentuk kutub-kutb pembelahan tempat sentromer mikrotubula bertumpu.
  3. Anafase: Pada fase ini kromosom yang mengumpul di tengah sel terpisah dan mengumpul pada masing-masing kutub, sehingga telihat adal dua kumpulan kromosom.
  4. Telofase: Telofase adalah fase finising, dalam telofase ada dua tahap yaitu telofase awal dan telofase akhir. Pada telofase awal terlihat mulai ada sekat yang memisahkan antara sel-sel anak. Sedang pada telofase akhir terlihat sel-sel anak sudah benar-benar terpisah.

Waktu yang dibutuhkan pada masing-masing dase dalam siklus sel adalah berbeda-beda, G1 berlangsung selama 5 jam, S berlangsung selama 7 jam, G2 berlangsung selama 3 jam, mitosis berlangsung selama 1 jam (profase selama 36 menit, metaphase selama 3 menit, anaphase selama 2 menit dan telofase selama 18 menit). Padas el akar bawang merah, dalam menyelesaikan 1 siklus selnya diperlukan waktu 16 jam dimana interfase merupakan fase terpanjang dalam siklus sel. Sedangkan mitosis memiliki waktu yang paling pendek dalam siklus sel (Adrian dan Ray, 1952).

CARA KERJA

Hal pertama yang harus dilakukan dalam praktikum inii adalah menyemaikan bawang merah dan jika setelah muncul akarnya kira-kira 0.5-2 cm cabut akar tersebut. Potong akar dari ujung sepanjang 0.5 cm. Dipindahkan ke botol film berisi larutan HCl alkohol selama 10 menit, setelah itu dipindahkan ke botol film berisi larutan carnoy selama 10 menit. Jika telah selesai, objek diletakkan di objek glass, ditetesi dengan acetocarmine dan dibiarkan selama 5 menit. Setelah itu, dipotong ujungnya kira-kira 0.2 cm dan ditutup dengan cover glass dan tekan perlahan dengan ujung pensil. Kemudian diamati dibawah mikroskop (diamati 2/ 3 fase dan difoto).


untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hasil dan pembahasannya (gambar hasil pengamatan), silakan download file .pdf-nya dengan mengikuti link berikut ini..


DOwnload File : Metode Squash



Tulisan Terkait



3 comments:

Anonymous said...

selain metode squash ad lg gak metode lain???

Anonymous said...

lagi ngerjain laporan bio niy.. ada metode ain nggak slaen squash?

Praptomowow said...

untuk sementara saya hanya mengetahui metode squash ini untuk analisis mitosis maupun keperluan kariotiping...
metode yang lain mohon maaf belom saya ketahui...

thanks for visiting.. ^^

Post a Comment

New Category!!

Beberapa hal yang penting untuk diketahui para remaja pada saat mulai memasuki usia puber. KLIK!!

KAMU UPLOAD, DAPET DUIT!!! FILE HOSTING GRATISS!!