Moonbow Atau Lunar Rainbow : Pelangi di Malam Hari

Pernah denger lirik lagunya Vidi Aldiano yang judulnya "Pelangi Di Malam Hari"?? Ada bagian yang kaya gini nih: "Apa saja yang membuatmu bahagia, Telah ku lakukan untukmu, Demi mengharapkan cintamu. Kini ku bagai menanti datangnya pelangi di malam hari yang sepi". Kalo diliat dari lirik tersebut, si Vidi sebenernya pengen ngungkapin bahwa itu adalah hal yang gak mungkin di lakuin. Tapi kalo diliat dari segi ilmiah, hal itu mungkin saja terjadi. Nah looohhh....

Kita sering dan merasa wajar jika kita melihat pelangi pada waktu siang hari, tapi kalo malem hari? mungkin agak aneh bagi kita. Tapi hal itu bisa saja terjadi.

Pada dasarnya, pelangi bisa muncul kapan saja, asalkan ada cahaya yang terang, serta ada titik-titik air. Ketika malam, maka yang menjadi kuncinya adalah cahaya bulan (lebih tepatnya cahaya matahari yang dipantulkan bulan :D). Moonbow atau Lunar Rainbow ini sangat jarang terjadi, karena cahaya bulan tidak terlalu terang, meskipun sedang dalam keadaan penuh. Kemudian, diperlukan lagi keadaan hujan di bagian yang berlawanan dengan bulan tersebut (proses terbentuknya pelangi ini sama dengan pada waktu siang hari). Keadaan langit harus sangat gelap dan posisi sudut elevasi bulan pada saat itu harus tidak lebih dari 42ยบ tingginya. Syarat-syarat inilah yang membuat kita tidak sering melihat adanya Lunar Rainbow ini.

Untuk mata telanjang, pelangi ini jarang sekali tampak, mungkin hanya terlihat seperti gambaran kecil di sekitar bulan. Namun hal itu wajar karena biasanya cahaya bulan tidak cukup terang untuk mengaktifkan sel-sel konus pada mata kita untuk menerima warna.

Jadi, mulai sekarang, bagi para pencipta lagu, kudu ati-ati ya kalo mau bikin lirik. kudu rasional dan dapat dijelaskan secara ilmiah.hehehe.... BTW, itu lagu kesukaanku.... mendayu-dayu :)))

sumber



Tulisan Terkait



0 comments:

Post a Comment

New Category!!

Beberapa hal yang penting untuk diketahui para remaja pada saat mulai memasuki usia puber. KLIK!!

KAMU UPLOAD, DAPET DUIT!!! FILE HOSTING GRATISS!!