Benarkah Kita Perlu Saliva Untuk Merasakan Lezatnya Makanan?

Coba keringkan lidah kamu, dan kemudian taruhlah sejumput garam di lidahmu, tentunya pada bagian lidah yang dapat merespon rasa asin dengan baik, yaitu pada bagian ujung lidah. Apa yang kamu rasakan? mungkin pada awalnya kamu tidak akan merasakan apa-apa, tapi lama kelamaan kamu akan dapat merasakan asinnya garam itu. Itu sudah saya buktikan pada saat praktikum semasa SMA :). Jadi, pertanyaannya masih sama, apakah kita perlu saliva untuk merasakan lezatnya makanan? Jawabannya adalah bisa iya dan bisa tidak.

Apa sih saliva itu? Saliva dalam bahasa sederhananya adalah air liur. Nah, fungsi dari saliva itu lebih dari satu tentunya, yaitu sebagai pembantu pencernaan karena mengandung enzim, dapat membantu proses perjalanan makanan dari mulut ke kerongkongan, menjaga kondisi mulut dan gigi agar tetap sehat, dan masih banyak lagi, dan satu lagi fungsinya, yaitu membantu dalam mengenali sensasi rasa makanan, NAMUN fungsi ini tidak selalu dibutuhkan.

Lidah mempunyai banyak sekali papila atau taste bud atau bintil pengecap yang berfungsi dalam pengenalan sensasi rasa. Pada bintil itu terdapat reseptor yang terhubung dengan sel-sel saraf yang lain. Nah, fungsi saliva sebagai pembantu proses pengecap rasa ini berfungsi ketika kita memakan makanan yang kering. Hal ini disebabkan karena saliva membantu molekul makanan untuk mencapai reseptor pada bintil pengecap. Sebagai contoh, jika garam pada kondisi solid ditempelkan langsung pada lidah yang kering, maka kemungkinan sensasi rasa akan muncul dalam waktu yang lama karena (penjelasan sederhananya) molekul garam terlalu besar untuk reseptor yang hanya sesuai hanya untuk beberapa molekul dalam sekali waktu tertentu. Berbeda jika ada saliva yang tercampur dengan garam tersebut (berbentuk cairan/aquoeus) atau kita meminum air garam, maka akan cepat molekul garam itu menempel pada reseptor bintil (Kira-kira seperti itu penjelasan sederhananya. hehehe).

Semoga bermanfaat ya :)


sumber


Tulisan Terkait



0 comments:

Post a Comment

New Category!!

Beberapa hal yang penting untuk diketahui para remaja pada saat mulai memasuki usia puber. KLIK!!

KAMU UPLOAD, DAPET DUIT!!! FILE HOSTING GRATISS!!