Hati-Hati, Hujan Es!!

Pernah melihat fenomena hujan Es? (yang jelas bukan hujan salju :D)Hujan es merupakan salah satu bentuk presipitasi (curahan) selain, hujan (rain) dan gerimis (drizzle), embun (dew), salju (snow) dan kabut (fog). Kemudian, kenapa itu bisa terjadi?

Biasanya hujan es dapat terjadi karena munculnya awan cumulu nimbus. Pada banyak kasus di dunia ini, proses turunnya hujan selalu dimulai dengan salju beberapa saat dia jatuh dari awan, tapi kemudian mencair saat melintasi udara yang panas. Kadang kala, jika temperatur sangat rendah, kristal-kristal es itu bisa membentuk bola-bola es kecil dan terjadilah hujan es.

Kota Bandung termasuk yang relatif sering mengalami hujan es. Jadi, ini sebabnya kenapa salju sangat susah turun secara alami di daerah tropik yang memiliki temperatur udara relatif tinggi dibanding wilayah yang sedang mengalami musim dingin,dan jika terlihat awan cumulu nimbus di atas kepala kamu, maka waspada aja siapa tau akan ada hujan es. Pihak Badan Meterologi dan Geofisika (BMG) mengatakan bahwa kapan terjadinya hujan es tidak bisa diprediksi kecuali dengan melihat bentuk awannya. Dan lagi hujan es yang disertai angin tidak tampak dalam satelit dan radar hujan. Jadi kalau cuaca sangat panas dan terik tiba-tiba berganti gelap, kita berhati-hati saja.


Tulisan Terkait



0 comments:

Post a Comment

New Category!!

Beberapa hal yang penting untuk diketahui para remaja pada saat mulai memasuki usia puber. KLIK!!

KAMU UPLOAD, DAPET DUIT!!! FILE HOSTING GRATISS!!