Kenapa Gula Lebih Cepat Meleleh Daripada Garam Kalo Dipanaskan?

Eiiitts, mungkin ada beberapa dari kalian yang menganggap bahwa gula dan garam sama aja kecepatan melelehnya. Tapi jangan salah. meleleh berbeda dengan larut dalam air atau zat cair lainnya. Meleleh di sini adalah ketika gula atau garam tersebut berubah dari padat menjadi air tanpa berada dalam medium apapun alias langsung terpapar pada panas.

Dari segi strukturnya, tentu gula dan garam mempunyai perbedaan yang mendasar, yaitu unsur penyusunnya, gula secara umum (nah gula sendiri ada jenis2nya lagi
monosakarida: struktur molekul gula paling gampang dicerna disakarida, 2 monosakarida dan trisakarida, 3 monosakarida yang lainnya: polisakarida, contohnya karbohidrat, sulit/lama dicerna karbohidrat+amilum (ludah)=glukosa (monosakarida))di susun oleh C-H-O sedangkan garam disusun oleh Na dan Cl.
Dalam kimia senyawa terbagi menjadi 2,yaitu organik dan anorganik

Garam (NaCl) adalah suatu molekul yang jenis ikatannya adalah ikatan ion kriteria dari ikatan ion adalah atom2 penyusunnya adalah antara logam dan non-logam dan mempunyai titik didih yang tinggi karena beda elektronegativitas besar (kanan dengan kiri tabel periodik) sehingga energi ikatan besar dan butuh energi yang besar juga untuk ngelelehinnya (temperatur tinggi)sedangkan kalo organic compound itu rata2 titik lelehnya rendah, dan menghasilkan residu berupa carbon saat pembakaran berlangsung/selesai.

Senyawa organik ialah senyawa yang mengandung unsur karbon,banyak dijumpai dalam makhluk hidup atau mantan mahkluk hidup,misalnya miyak bumi dan batu bara.

Senyawa anorganik adalah senyawa yang tidak organik,misalnya makanan,obat-obatan dan bahan kimia.

Gula termasuk senyawa organik ,sedangkan semua batuan dan mineral merupakan senyawa anorganik,termasuk garam. Bahan organik cenderung lunak sedangkan bahan anorganik cenderung keras. Gula (sukrosa) ialah senyawa organik sangat khas,dengan molekul-molekul yang netral.

Disisi lain, garam (natrium klorida) ialah senyawa anorganik sangat khas,yang terbentuk dari ion-ion natrium dan klorida. Karena itu tidak mengherankan jika gula lebih mudah meleleh dari pada garam.

Jika kamu semua ingin melelehkan garam,yang harus dilakukan adalah menaikan temperatur ketel/oven sampai 801 derajat Celcius,tentu saja akan membuat dapur kamu merah membara.Sebagai informasi,oven sendiri dapat meleleh jika temperaturnya mencapai 1480 derajat celcius. Sedangkan gula hanya membutuhkan suhu sekitar 180 derajat celcius.

Semoga bermanfaat :)


Tulisan Terkait



0 comments:

Post a Comment

New Category!!

Beberapa hal yang penting untuk diketahui para remaja pada saat mulai memasuki usia puber. KLIK!!

KAMU UPLOAD, DAPET DUIT!!! FILE HOSTING GRATISS!!