Kenapa Langit Berwarna Biru?

Pernahkan kamu berpikir kenapa langit berwarna biru? Mungkin sebagian orang berpikir bahwa itu adalah karena pembiasan dari warna laut, dsb. padahal kita juga belum tau sebenarnya laut berwarna biru akibat dari pemantulan warna langit atau sebaliknya :D


Tahukan bahwa warna itu ada bermacam-macam? nah, sinar matahari tersusun dari barbagai warna itu, mulai dari yang mempunyai panjang gelombang pendek, hingga yang paling panjang. tapi pada dasarnya, cahaya yang dapat dilihat oleh mata kita adalah tergolong cahaya tampak, misalnya ya dari cahaya matahari atau dari cahaya bola lampu. kita dapat melihat warna-warna apa saja yang menyusunnya dengan melewatkannya pada prisma, sehingga akan terjadi dispersi (maap kalo salah :p)

Cahaya yang mempunyai panjang gelombang terbesar adalah merah tapi energi dan frekuensinya paling rendah, sedangkan warna yang mempunyai panjang gelombang paling pendek adalah violet tetapi memiliki energi dan frekuensi yang paling tinggi.

Balik lagi ke permasalahan, kenapa langit bisa berwarna biru di mata kita? Warna biru timbul karena adanya Rayleigh Scattering (Hamburan Rayleigh). Karena cahaya bergerak melalui atmosfer, maka akan sebagian gelombang cahaya berpanjang gelombang lebih panjang (bingung ya? :p) akan lewat secara langsung dan sebagian lagi akan terhambat oleh adanya pengaruh udara.

Beberapa gelombang cahaya yang berpanjang gelombang pendek (misalnya biru) akan terserap oleh molekul gas, dan akan diradiasikan ke segala arah, dan karena warna biru itu berhamburan ke segala arah, maka kemanapun kamu melihat, kamu akan melihat warna biru di langit.

Berbeda jika kamu melihat ke arah horizon (alias kaki langit), maka warna biru itu akan cenderung memudar, hal itu dikarenakan warna biru yang ada di atmosfer akan melalui jarak yang lebih jauh lagi untuk mencapai matamu, sehingga akan mengalamu penghamburan lagi (scattered) sehingga warna langit di horizon akan lebih pucat bahkan berwarna putih.







Tulisan Terkait



0 comments:

Post a Comment

New Category!!

Beberapa hal yang penting untuk diketahui para remaja pada saat mulai memasuki usia puber. KLIK!!

KAMU UPLOAD, DAPET DUIT!!! FILE HOSTING GRATISS!!