Kenapa Kita Sering Menangis Ketika Mengiris Bawang?

Perih banget rasanya mata ketika mengiris bawang. Mungkin kata yang tepat bukan "menangis" tetapi mata berair. Memang benar, ketika kita memotong bawang, terasa ada sesuatu yang keluar dari dalam bawang itu yang kemudian mencapai mata kita dan terasa perih.

Bawang, seperti tanaman yang lainnya, terdiri dari banyak sel. sel-sel tersebut terbagi menjadi dua bagian yang dipisahkan oleh membran. Satu sisi dari membran itu mengandung enzim yang membantu proses kimiawi yang terjadi dalam bawang. Bagian sisi lain dari membran itu mengandung molekul yang mengandung sulfur. Ketika bawang dipotong, kadungan pada masing-masing bagian sisi membran akan bercampur dan menyebabkan terjadinya reaksi kimia. Reaksi ini akan menghasilkan molekul, misalnya ethylsulfine yang dapat membuat matamu berair karena pedih.

Untuk menghidari mata berair atau mata pedih ketika memotong bawang, lakukan pemotongan bawang dengan dialiri air yang mengalir dari kran misalnya. Hal ini akan menyebabkan kandungan sulfur akan larut oleh air. Atau kamu juga bisa menaruh bawang di kulkas sebelum kamu memotongnya. Suhu dingin akan memperlambat proses reaksi antara enzim dan senyawa sulfur sehingga kamu bisa aman dalam memotong bawangmu :D

Semoga bermanfaat yaa... :)


sumber



Tulisan Terkait



0 comments:

Post a Comment

New Category!!

Beberapa hal yang penting untuk diketahui para remaja pada saat mulai memasuki usia puber. KLIK!!

KAMU UPLOAD, DAPET DUIT!!! FILE HOSTING GRATISS!!