Benarkah Permen Dapat Merusak Gigi Kita?

"Jangan makan permen banyak-banyak lho yaaa..." Itulah yang dulu sering dikatakan Ibuku waktu aku masih kecil dulu. Bisa dibilang aku termasuk anak yang doyan banget makan permen. apalagi permen karet. Dulu sih orangtua bilang kalo terlalu banyak makan permen bisa bikin gigi kita bolong. Bener gak ya?....

Ada pengaruh langsung dan tidak langsung memakan permen dengan kerusakan gigi. Jika banyak makan permen atau gula-gula dan tidak diimbangi dengan membersihkan gigi secara rutin, tentu akan lebih memeberikan efek yang nyata terhadap kerusakan gigi. Hal ini dikarenakan gula yang tersisa di gigi akan diubah menjadi bakteri menjadi asam yang dapat merusak lapisan gigi.

Namun, Kebanyakan orang berpikir bahwa permen asam lebih aman karena memiliki kandungan gula yang lebih sedikit. Namun ternyata, kandungan asamnya yang hampir mendekati batas ekstrim dari spektrum asam juga berbahaya bagi gigi. Selain itu, permen terbuat dari bahan-bahan pengawet, perasa buatan yang terbuat dari bahan2 kimia, dan pembeku. jika gigi tersebut tidak terpenuhi dengan formula yang baik maka gigi tersebut akan bolong.

Permen asam dapat menyebabkan erosi gigi (mengikis gigi). Semakin sering gigi terpapar oleh asam dari permen ini dapat meningkatkan terbentuknya lubang gigi, terjadinya gigi sensitif (linu), pewarnaan gigi, sensitivitas jaringan lunak, dan hilangnya kilapan gigi.


Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mencegah gigi berlubang karena permen asam:
  • Hindari, batasi atau cobalah pikirkan kembali dalam memilih atau memakan permen yang berlabel “sour” atau “tart” (asam).
  • Ingatlah bahwa asam tidak baik untuk gigi.
  • Periksa komposisi dari permen, dan hindarilah permen yang mengandung: citric, lactic, malic, tartaric, fumaric, adipic, ascorbic.
  • Jangan terkecoh oleh istilah “concentrated fruit juice extracts” (ekstrak jus buah terkonsentrasi) yang berarti permen dapat sangat asam.
  • Apabila Anda memakan permen asam, segera berkumurlah dengan air untuk mengurangi efek merusak dari asam.
  • Jangan sikat gigi Anda setelah Anda memakan permen asam, karena sikat gigi dan pasta gigi bersifat abrasif. Hal ini akan membuang lapisan email yang telah melunak akibat asam dari permen.

Semoga bermnfaat ya... Jangan takut untuk makan permen, karena permen dan gula-gula bisa menambah manis cerita harimu :DD

sumber


Tulisan Terkait



1 comments:

E-du said...

Wah artikelnya bagus dan menarik sekali ... saya suka itu.... btw gan, boleh nggak saya ngopas artikel tentang permen dapat merusak gigi? Kalau boleh, saya ucapkan terimakasih. tapi kalau tidak tak apalah... ^___^

Post a Comment

New Category!!

Beberapa hal yang penting untuk diketahui para remaja pada saat mulai memasuki usia puber. KLIK!!

KAMU UPLOAD, DAPET DUIT!!! FILE HOSTING GRATISS!!