Benarkah Besi Lebih Dingin Jika Dipegang Daripada Kayu?

Pasti kamu pernah menyentuk besi dengan jari atau kulitmu kan? Sesaat kamu akan merasakan suhunya lebih rendah dari benda yang ada di sekelilingnya ketika kamu sentuh. Kemudian jika pada saat yang sama kamu menyentuk kayu, apa yang kamu rasakan? Pasti kayu itu tidak akan lebih dingin dari besi yang kamu sentuh pertama kali. Benarkah demikian?

Jawabannya adalah tidak ada yang lebih dingin atau lebih panas antara besi dan kayu ataupun benda yang lain, selama didiamkan di tempat dan suhu yang sama. Sebenarnya, penjelasannya sangat sederhana.

besi lebih dingin dibanding kayu itu murni dari persepsi indra kita yang sangat terbatas. sebenarnya kayu dan besi memiliki temperatur yang sama jika didiamkan dalam tempat yang sama. namun karena besi memiliki hantar kalor yang jauh lebih tinggi dibanding kayu, maka besi terasa lebih dingin. karena besi "mencuri" kalor dari tangan kita jauh lebih cepat dibanding kayu. sehingga tangan akan kehilangan kalor dengan cepat kemudian mengakibatkan syaraf yang ada di tangan menyampaikan sinyal "dingin" ke otak.

Nah andaikata tubuh kita memiliki temperatur sama dengan temperatur ruang, bagi kita besi sama saja seperti kayu. karena tidak ada kalor yang ditransfer.

Dari rumus perpindahan kalor di buku-buku fisika, yang ada tercantum bahwa laju perpindahan kalor sebanding dengan konduktivitas bahan. Nah, besi termasuk bahan logam dimana memiliki konduktivitas termal yang tinggi dibandingkan dengan kayu. Karena itu besi lebih mudah menyerap kalor dari pada kayu, sehingga besi akan terasa dingin dipagi hari dibandingkan kayu.

Semoga Bermanfaat:)

sumber


Tulisan Terkait



0 comments:

Post a Comment

New Category!!

Beberapa hal yang penting untuk diketahui para remaja pada saat mulai memasuki usia puber. KLIK!!

KAMU UPLOAD, DAPET DUIT!!! FILE HOSTING GRATISS!!