Salah Posisi Pegang Mouse Bisa Kena CTS (Carpal Tunnel Syndrome) !!

Saya akhir-akhir ini sering banget pakai mouse ketika maen laptop ato pas internetan. Padahal pada awalnya saya merasa nyaman dan praktis jika tanpa menggunakan mouse, saya juga heran kenapa (tanya siapa?). Saya bisa menghabiskan waktu berjam-jam di depan monitor hanya untuk sekedar browsing. Sampai pada suatu saat, saya sering merasakan pegal pada pergelangan tangan kanan saya. Tidak hanya sesaat setelah saya selesai maen komputer, tapi rasa pegal itu memerlukan waktu yang lama untuk hilang, namun pada waktu yang tidak tentu kembali secara tiba-tiba.

Kemudian saya penasaran ingin mengetahui kenapa hal itu bisa terjadi, dan akhirnya setelah mencari selama beberapa saat.....

ENG...ING...EEENGGG!!!!!......


Kesalahan posisi memegang mouse dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan terjadinya CTS atau Carpal Tunnel Syndrome.

Penjelasan tentang Carpal Tunnel Syndrome adalah sebagai berikut:

Carpal Tunnel Syndrome (CTS) adalah neuropati median idiopathic (penyebab yang tidak diketahui secara pasti) di terowongan karpal. Patofisiologi ini tidak sepenuhnya dipahami namun dapat dianggap kompresi saraf median perjalanan melewati terowongan karpal. Faktor risiko CTS terutama genetik daripada lingkungan. Namun, dapat dipastikan jika terjadinya sindrom ini karena adanya tekanan pada saraf tengah pada pergelangan tangan.


(penampang melintang pergelangan tangan)

Jika dibiarkan terus-menerus, satu-satunya cara penanganannya adalah dengan cara operasi. Berikut adalah contoh proses operasi yang dilakukan untuk memulihkan sindrom ini.





Gimana?? Masih mau asal megang mouse?? Kalo saya sih udah kapok...

Tapi gak usah kuatir, untuk menghindari terjadinya sindrom tersebut pada tangan kita, bisa dilakukan dengan mengkuti tips-tips untuk menentukan posisi yang baik untuk memegang mouse, dan bisa kamu baca DI SINI



Tulisan Terkait



0 comments:

Post a Comment

New Category!!

Beberapa hal yang penting untuk diketahui para remaja pada saat mulai memasuki usia puber. KLIK!!

KAMU UPLOAD, DAPET DUIT!!! FILE HOSTING GRATISS!!