Kekuatan Suspensi Corn Starch (Pati Jagung)

Ketika kita berbicara mengenai bentuk suatu zat, maka kita akan menyimpulkan ada beberapa keadaan bentuk dari zat tersebut, yaitu gas, cair dan padat. Namun, ternyata dengan mengkombinasikan beberapa bentuk wujud zat tersebut, kita dapat menciptakan bentuk zat yang baru, yaitu suspensi. Hal ini dapat kita buktikan dengan membuat campuran antara pati jagung dan air.

Yang perlu disiapkan adalah pati jagung (cornstarch) dan air dengan perbandingan 2:1. Kemudian campurkan kedua bahan tersebut menjadi satu. Mudah sekali ternyata.. Nah, sekarang kita berbicara masalah kekuatan dan keunikan yang dimiliki oleh suspensi yang dibentuk oleh kedua bahan tersebut.

Jika kita menekan secara lembut pada suspensi tersebut, maka kita akan merasakan suspensi tersebut terasa seperti benda padat, hal ini dikarenakan molekul yang ada pada suspensi tersebut saling berbaris (line up), sedangkan kalau kita memasukkan jari-jari kita ke dalam suspensi, maka kita akan merasakan suspensi tersebut berwujud cairan, hal ini dikarenakan molekul suspensi tersebut sedang relax.

Untuk memberikan gambaran yang jelas tentang suspensi ini, silakan simak video berikut ini.



Semoga bermanfaat!!....

Tulisan Terkait



0 comments:

Post a Comment

New Category!!

Beberapa hal yang penting untuk diketahui para remaja pada saat mulai memasuki usia puber. KLIK!!

KAMU UPLOAD, DAPET DUIT!!! FILE HOSTING GRATISS!!