Kenapa Kuku Terus Tumbuh Walau Dipotong Terus Menerus?

Pada suatu hari ketika saya masih kecil, saya pernah membayangkan seandainya kuku saya tidak akan tumbuh lagi ketika sudah di potong, pasti akan sangat menyenangkan. Saya tidak akan mendapatkan hukuman pukulan di tangan ketika di sekolah oleh Bu Guru karena lupa memotong kuku.

Tapi, ternyata khayalan saya itu tidak akan mungkin terjadi, karena pada kenyataannya, kuku kita akan terus tumbuh sampai kita mati. Mulailah pertanyaan muncul, kenapa kuku kita selalu tumbuh meski sudah di potong??

Kuku kita terdiri banyak sekali sel-sel mati yang mengandung keratin, yaitu suatu jenis protein mati yang akan mengeras seiring dengan lamanya usia sel itu. Pertumbuhannya pun semakin lama akan semakin menurun sejalan dengan bertambahnya usia manusia itu. Ketika sel-sel yang ada di ujung kuku tersebut mulai mengeras, bagian pangkal kuku yang berisi sel-sel lunak berbentuk gel pun akan mendorong sel-sel yang ada di atasnya dan mulai mengeras pula, sedangkan selaput epidermis yang ada di pangkal kuku berfungsi untuk melindungi kuku dari kotoran yang masuk ke dalam. Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh. Secara kimia, kuku sama dengan rambut yang antara lain terbentuk dari keratin protein yang kaya akan sulfur.

Kuku tidak akan berhenti tumbuh kecuali terjadi luka atau injury pada pangkal kuku atau pada sumber sel yang berbentuk gel tersebut (terjadi kerusakan pada akar kuku). Meskipun begitu, kemungkinan hal itu terjadi sangatlah kecil. Jika ada yang bilang kuku atau rambut tetap tumbuh pada saat setelah kita mati, jangan serta merta percaya. Kuku dan rambut kita masih bisa tumbuh namun hal itu tidak dapat kita amati secara kasat mata dan berlangsung dalam waktu yang singkat karena nutrisi yang dibutuhkan oleh kuku dan rambut kita akan habis karena kita sudah mati. Jangankan untuk kuku, sedangkan untuk otak yang merupakan pusat pengaturan tubuh saja tidak akan mencukupi ketika mati. Bayangkan saja ketika benar bahwa kuku dan rambut orang mati masih bisa tumbuh, maka kuburan mereka akan penuh dengan rambut dan kuku mereka.. Hiiiiiyyy... :ngeri



Tulisan Terkait



2 comments:

Advin Bukan Anak Band said...

Hahaha... guyonannya mantebb... Nice inpoh

Praptomowow said...

tengkyu..luv yu

Post a Comment

New Category!!

Beberapa hal yang penting untuk diketahui para remaja pada saat mulai memasuki usia puber. KLIK!!

KAMU UPLOAD, DAPET DUIT!!! FILE HOSTING GRATISS!!