Kenapa Bintang Tidak Muncul di Waktu Siang?

Pernahkan Pertanyaan itu muncul di dalam pikiran kamu ketika kamu kecil (kalo sekarang mungkin kamu tidak akan heran karena sudah mengetahui jawabannya). Bintang yang dimaksud dalam pertanyaan tersebut adalah selain matahari, karena matahari juga termasuk dalam salah satu bintang.

Pertanyaan yang lain pun muncul, apa sih bintang itu? Bintang adalah benda yang berada di angkasa dan mempunyai ciri khas yaitu dapat memancarkan cahaya sendiri. Berbeda dengan planet ataupun satelit yang dimiliki planet, mereka hanya bisa memantulkan cahaya matahari yang sangat terang. Misalnya saja planet Venus yang biasa disebut bintang kejora.

Kembali lagi ke pertanyaan, kenapa bintang tidak muncul di waktu siang? sebenarnya pertanyaan itu pun mengandung ketidaktepatan, bintang itu sebenarnya selalu ada di angkasa, bahkan pada siang hari. Jadi, pertanyaan yang tepat adalah "Kenapa Bintang Tidak Terlihat Pada Siang Hari?".

Jawabannya adalah sebagai berikut : Cahaya matahari mengakibatkan atmosfer menjadi terang karena cahaya matahari dibiaskan pertikel2 di atmosfer (polusi cahaya), anggap saja seperti sulitnya melihat bintang di kota besar yg terlalu banyak lampu.
Beda dgn saat siang hari di bulan, kita bisa melihat bintang karena tidak ada atmosfer. langit di bulan tetap gelap saat siang hari.
Namun ada kalanya bintang tetap terlihat di siang hari, misalnya saat meletusnya supernova(bintang yg meledak), hingga cahaya bintang tersebut jutaan kali lebih terang dari biasanya. Akibatnya cahaya bintang tersebut cukup terang untuk terlihat di siang hari.
Meskipun begitu, terkadang pada malam hari pun tidak semua bintang mempunyai cahaya yang mampu untuk sampai ke bumi, hal ini dkarenakan jaraknya yang sangat jauh dengan bumi. Karena jaraknya yang sangat jauh, semua bintang (kecuali Matahari) hanya tampak sebagai titik saja yang berkelap-kelip karena efek turbulensi atmosfer Bumi.

Selain itu, matahari adalah satu-satunya bintang terbesar yang berada paling dekat dengan bumi, yaitu dengan jarak sekitar 149,680,000 kilometer. Jika ditempuh dari bumi dengan jalan kaki saja memerlukan waktu 4000 tahun, trus kalo dgn kereta expres 85 tahun, dgn pesawat jet 17 tahun, hmm.. dgn roket saturnus lebih cepat lagi 3 tahun, dan dgn kecepatan cahaya hanya memerlukan waktu 8 menit 19 detik saja.


Tulisan Terkait



0 comments:

Post a Comment

New Category!!

Beberapa hal yang penting untuk diketahui para remaja pada saat mulai memasuki usia puber. KLIK!!

KAMU UPLOAD, DAPET DUIT!!! FILE HOSTING GRATISS!!