Apakah Ikan Juga Tidur?

Ketika malam hari, saya terbangun dari tidur, dan tanpa sengaja saya melihat ke arah akuarium berisi ikan mas yang saya letakkan di sudut kamar saya. Kemudian saya penasaran, apakah ikan-ikan ini tidak pernah tidur? kenapa mata mereka terus terbuka dan tetap berenang? Mungkin juga kamu pernah punya pertanyaan itu dalam pikiran kamu.

Well, ikan pada dasarnya juga memerlukan tidur, sebagaimana makhluk lainnya, tujuannya tidak lain adalah untuk mendapatkan energinya kembali setelah sekian lama beraktifitas, seperti manusia juga, tidur setelah seharian bekerja.

Tapi, bagaimana cara ikan tidur di dalam air?

Sebelumnya, mari kita bahas dulu apa definisi tidur itu. Tidur adalah suatu keadaan dimana mata terpejam dan pergerakan tubuh dan pikiran yang minim atau bahkan tidak ada. Tapi masalahnya adalah hampir semua ikan tidak mempunyai kelopak mata (kecuali ikan hiu), sehingga tidak mungkin dia menutup kelopak mata ketika tidur. Ikan tidur dengan caranya masing-masing. Kebanyakan ikan menghabiskan masa istirahatnya di dasar perairan atau akuarium dan hampir tidak bergerak sama sekali, menggali lubang di pasir atau lumpur, bersembunyi di balik bebatuan, mengapung, atau bahkan masih dalam keadaan bergerak, misalnya ikan hiu. Ikan hiu harus selalu berenang untuk menjaga aliran air masuk ke dalam insangnya untuk bernapas, dan waktu tidurnya pun tergantung dari apa jenis ikannya. Beberapa ikan menghabiskan waktu istirahtnya pada siang hari, dan sebagian ikan menghabiskan waktu istirahatnya pada malam hari, dan sisa waktunya digunakan untuk mencari makan.

Hasil riset terbaru yang dilakukan Emmanuel Mignot, profesor psikiatri dan ilmu tingkah laku di Universitas Stanford, AS, memperlihatkan bahwa ikan zebra butuh tidur meski hanya sebentar. Yang menarik, hasil riset yang laporannya dimuat dalam jurnal PloS Biology edisi 16 Oktober 2007 itu juga memperlihatkan adanya gejala unik, ikan bisa mengalami kesulitan tidur atau insomnia pada malam hari, khususnya ketika kehidupan biologinya dikacaukan.

Mignot dan koleganya yang memonitor ikan zebra di akurium menemukan, ketika ikan-ikan itu tertidur, ekor mereka lunglai dan menghabiskan sebagian besar malam dengan berada di dasar akuarium. Lalu, mereka memonitor pola tidur sekejap pada ikan zebra normal dan ikan zebra mutan yang fungsi reseptor hypocretin-nya dikurangi. Secara keseluruhan, tidur sebentar dari ikan zebra mutan menurun sekitar 30 persen jika dibandingkan dengan ikan zebra normal. Ketika ikan-ikan mutan itu akhirnya ditidurkan, mereka hanya mampu tidur setengah waktu tidur ikan normal.


Sumber

Tulisan Terkait



0 comments:

Post a Comment

New Category!!

Beberapa hal yang penting untuk diketahui para remaja pada saat mulai memasuki usia puber. KLIK!!

KAMU UPLOAD, DAPET DUIT!!! FILE HOSTING GRATISS!!