Bahaya Mencelupkan Kantong Teh Lebih Dari 3 Menit

Suatu ketika saya sedang bersama pacar, di suatu hari yang lumayan dingin. Niat pengen minum teh pun udah di ubun-ubun. Maka beberapa menit kemudian saya sudah mempunyai secangkir besar teh yang sudah siap di minum... sadddaaapppph.... Tapi baru aja tuh bibir cangkir nyentuh bibir saya, ditahan sama pacar saya "Sayang, kalo bikin teh, kantong tehnya jangan lama-lama dicelupinnya", katanya sambil mengambil kantong teh yang masih ada di dalam cangkir saya.

Kenapa gerangan??...

Ternyata setelah saya cari infonya, kantong teh tersebut mengandung suatu senyawa yang disebut dengan KLORIN. Apa pula bahayanya klorin itu bagi tubuh kita dan kenapa pula klorin itu ada dalam kantong teh??

Klorin adalah senyawa desinfektan yang biasa digunakan di industri kertas yang menjadikan kertas tersebut menjadi bebas mikroorganisme (bakteri) sehingga tidak cepat mengalami pembusukan dan tahan lama. Selain itu dengan adanya klorin itu, kertas juga semakin terlihat putih bersih..

Karena termasuk dalam kategori disinfektan, klorin dalam jumlah besar tentu berbahaya.Tak jauh beda dari racun serangga. Banyak penelitian mencurigai kaitan antara asupan klorin dalam tubuh manusia dengan kemandulan pada pria, bayi lahir cacat, mental terbelakang, dan kanker. Sehingga dianjurkan jangan mencelupkan teh celup dalam waktu lama.

Jika mencelup kantong teh lebih dari 3 - 5 menit, klorin akan ikut larut dalam teh. Dan banyak khasiat teh yang tertinggal dalam minuman teh. Agar terhindar dari kemungkinan - kemungkinan penyakit, sebaiknya jangan mencelup kantong teh lebih dari 3 menit.

Kalau tidak salah, ada pula produk teh kantong yang berbentuk bulat, nah yang seperti itu saya tidak tahu apakah dalam kantongnya juga mengandung klorin atau tidak, tapi yang jelas, yang seperti itu justru cenderung ditinggalkan di dalam teko teh dalam waktu yang lama, bahkan tidak akan diambil sebelum teh habis diminum...

Satu informasi lagi, ternyata dalam massa yang sama, kandungan kafein teh lebih tinggi dibandingkan kopi, kafein ini akan banyak larut dalam air ketika kita terlalu lama mencelupkan kantong tehnya di dalam air, padahal kafein itu mempengaruhi kontraksi dan aktivitas jantung, jadi tidak baik untuk orang2 yang memiliki gangguan jantung, atau org tua yg jantungnya tidak sekuat usia muda.

Semoga Bermanfaat :) :)

makasih buat agan skarat09 buat infonya



Tulisan Terkait



3 comments:

bloekoetoek said...

jadi klorin sama halnya dengan zat pengawet yaa, namun penggunaannya saja pada bahan kertas atau benda non konsumsi. kalau dipikir sih semua zat pengawet berbahaya bagi tubuh karena berhubungan dengan kelenjar produksi dan perrtumbuhan, toh akhirnya kan berkenaan dengan kangker, tumor ringan, peradangan dan lain sebagainya, itu ane dapat dari kawan infonya.....makasih bro...masuk akal...ane senang dengan blog ini yang mnengupas pengeathuan, walau ringan tapi manfaatnya cukup besar sekali bagi kesehatan.....pertahankan seperti ini...makasih sekali lagi

bloekoetoek said...

berkunjung ya ke blog ane....makasih

Praptomowow said...

oke, makasih udah mampir.. :) udah ane follow blog ente... folbek ya

Post a Comment

New Category!!

Beberapa hal yang penting untuk diketahui para remaja pada saat mulai memasuki usia puber. KLIK!!

KAMU UPLOAD, DAPET DUIT!!! FILE HOSTING GRATISS!!