Apa Penyebab Sendi Kita Berbunyi Jika Digerakkan?

Pernah gak kamu membunyikan persendian di ruas jari-jari tangan atau kaki kamu? Mungkin ada sebagian kecil orang yang tidak pernah melakukan itu atau kemungkinan tidak sadar sudah melakukannya, dan biasanya rasanya enak banget kan...


Banyak orang yang mengira kalo yang berbunyi itu adalah tulang mereka, tapi sebenernya yang berbunyi itu bukan tulang, tapi sendi, sebab kalo yang berbunyi itu tulang, bisa disimpulkan tulangnya lagi patah :)))

Sendi kita mengandung sesuatu yang disebut sinovia, yang membantu melumasi sendi. Cairan sinovia mengandung gas oksigen, nitrogen, dan karbondioksida. Penelitian menunjukkan bahwa ketika menderakkan sebuah sendi, anda menjauhkan tulang-tulangnya, dan kapsul yang mengelilingi sendi itu pun meregang. Hal ini menyebabkan cairan sinovia menyemprot dari satu sisi buku ke sisi yang lain. Cairan yang berpindah ini menciptakan ruang kosong, yang dengan cepat terisi dengan gas lagi. Perpindahan gas yang cepat inilah yang memunculkan bunyi letupan. Untuk kembali menderakkan buku jari yang sama, Anda harus menunggu sampai gasnya kembali ke cairan sinovia. Itulah sebabnya, kita tidak bisa menderakkan buku jari yang sama dua kali berturut-turut dengan cepat. Biasanya kita harus menunggu selama 25-30 menit untuk bisa membunyikannya lagi.

Semoga bermanfaat yaa :))

Have a great day!!



Tulisan Terkait



0 comments:

Post a Comment

New Category!!

Beberapa hal yang penting untuk diketahui para remaja pada saat mulai memasuki usia puber. KLIK!!

KAMU UPLOAD, DAPET DUIT!!! FILE HOSTING GRATISS!!